Mengenal Buah Srikaya, Kandungan dan Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan

Srikaya
Buah srikaya tak hanya karena rasa dan aroma khasnya yang lezat, tapi juga karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya

DuaGb - Buah srikaya adalah salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di daerah subtropis dan tropis, termasuk di Indonesia.

Buah ini berbentuk bulat dengan kulit bermata halus dan memiliki aroma wangi yang khas. Daging buah srikaya berwarna putih, lembut, dan memiliki rasa manis yang khas.

Buah srikaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, termasuk mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah berbagai jenis penyakit, dan dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

Manfaat dan kandungan buah srikaya

Buah srikaya adalah buah yang dikenal dengan berbagai khasiat dan manfaat kesehatan, tak hanya karena rasa dan aroma khasnya yang lezat, tapi juga karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Selain itu, buah srikaya biasanya dikonsumsi segar, diolah menjadi jus, atau digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan dan minuman. Berikut adalah beberapa manfaat dan kandungan buah srikaya yang perlu anda ketahui.

1. Kandungan nutrisi pada buah srikaya

Buah srikaya mengandung berbagai nutrisi penting, antara lain serat, protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium. Hal ini membuat buah srikaya sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Memiliki efek antioksidan

Buah srikaya mengandung banyak senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan, seperti asam askorbat, karotenoid, dan senyawa fenolik.

Baca JugaSuka Buah Melon? Gini Kandungan dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Senyawa-senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah srikaya kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan, mengurangi konstipasi, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat juga membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah srikaya memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi, yang dapat membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan membantu mencegah timbulnya beberapa penyakit jantung.

5. Menurunkan risiko terkena diabetes

Konsumsi buah srikaya dapat membantu membantu mempertahankan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mencegah

Lebih baru Lebih lama