Manfaat dan Kandungan Buah Alpukat bagi Kesehatan

Alpukat

DuaGb - Buah alpukat atau avokad (Persea americana) adalah jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain.

Buah ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika Selatan dan Tengah, dan kini sudah dikembangkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Alpukat dikenal sebagai superfood karena mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat dan Kandungan Alpukan Bagi Kesehatan

Kandungan kalium dalam buah alpukat juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

Buah alpukat juga kaya akan serat, protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, magnesium, dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan:

Baca JugaManfaat dan Kandungan Buah Jambu Bagi Kesehatan

1. Membantu menjaga kesehatan mata

Buah alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Nutrisi ini bertindak sebagai antioksidan dan membantu mencegah kerusakan pada jaringan mata terutama pada orang yang menggunakan mata sebagai pekerjaannya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada buah alpukat membantu menjaga kesehatan jantung.

Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

3. Meningkatkan fungsi otak dan memori

Buah alpukat mengandung vitamin K dan folat yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak dan memori. Selain itu, buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

4. Membantu mencegah kanker

Buah alpukat mengandung senyawa antioksidan seperti asam askorbat, karotenoid, dan vitamin E yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Nah jadi itulah manfaat dan kandungan buah alpukat, semoga informasi ini bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama