Mengenal Buah Delima, Manfaat dan Kandungan Buah Delima Bagi Kesehatan

Delima
Buah delima atau pomegranate adalah buah yang berasal dari Timur Tengah dan Asia Tengah, namun kini sudah ditanam di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia

DuaGb - Buah delima merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tumbuh di daerah Asia Tengah dan Timur Tengah.

Buah ini memiliki kulit keras dan berwarna merah atau cokelat dengan bagian dalam yang diisi daging buah yang berwarna merah cerah dan berisi biji-biji kecil yang dapat dimakan.

Buah delima kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin C, dan antioksidan seperti punicalagins dan ellagic acid yang baik untuk kesehatan.

Buah delima bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan jus, ditambahkan ke salad atau hidangan lainnya. Selain itu, buah delima juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional dan disebut-sebut memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, dan kulit, diantaranya.

Untuk lebih lengkap yuk simak pembahsan berikut ini mengenai manfaat dan kandungan buah delima.

Kandungan dan Manfaat Buah Delima

Buah delima memiliki kulit keras berwarna merah atau cokelat dengan bagian dalam yang diisi daging buah yang berwarna merah cerah dan berisi biji-biji kecil yang dapat dimakan.

Baca Juga7 Kandungan dan Manfaat dari Buah Anggur Bagi Kesehatan

Selain rasanya yang manis dan segar, buah delima juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah delima:

1. Antioksidan

Buah delima kaya akan antioksidan yang tinggi seperti punicalagins dan ellagic acid. Antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan menyebabkan banyak penyakit.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah delima dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti kanker, Alzheimer dan penyakit jantung.

2. Vitamin C

Buah delima juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan alami yang membantu menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh. Sebuah buah delima mengandung sekitar 30% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk asupan vitamin C.

3. Serat

Buah delima mengandung serat yang tinggi sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sebuah buah delima mengandung sekitar 7 gram serat.

Baca Juga : Terntyata Gini Manfaat dan Kandungan Buah Nangka Bagi Kesehatan

4. Vitamin K dan potassium

Buah delima juga kaya akan vitamin K dan potassium yang penting untuk kesehatan tulang, jantung dan sistem saraf.

5. Asam folat

Buah delima mengandung asam folat yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang berkembang.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan dari buah delima, semoga informasi ini bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama